Baca Berita

Puri Agung Denpasar Gelar Lomba Tari Legong Kraton

Oleh : naayadubek | 21 Februari 2017 | Dibaca : 300 Pengunjung

Denpasar, Memeriahkan Hut Kota Denpasar ke 229, Puri Agung Denpasar menggelar lomba Tari Legong Kraton. Sebanyak 27 Sanggar Tari dari seluruh Kabupaten/Kota di Bali ikut serta dalam lomba kali ini. Menurut Penglingsir Puri Denpasar A.A. Ngurah Bima Wikrama, kegiatan ini sudah berjalan untuk yang ketiga kalinya melibatkan seluruh sanggar tari di Bali berlangsung selama dua hari mulai 18 hingga 19 Pebruari 2017. Minggu (19/2) kemarin dihalaman Puri Agung Denpasar.

Gung Bima dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya tari Legong Kraton mengingat tari ini merupakan ibu dari semua tari Bali. Karena semua unsur gerakan ada didalamnya seperti; tandang, tangkis, tangkep lengkap adanya bahkan gerakan-gerakan dasar tari sangat jelas terlihat. Oleh karenanya jika anak-anak sudah menguasai tari ini maka mempelajari tari lainnya lebih mudah tinggal karakter dan penjiwaan, terangnya. Dikatakan Gung Bima, “dalam upaya pelestarian tari klasik ini paling tidak pihak Puri sudah memposisikan dirinya ikut serta memberi andil dalam upaya pelestarian”. Ditambahkan pula bahwa jenis tari legong kraton yang dilombakan meliputi condong, prabu lasem dan diah langkesari. Adapun peserta dibatasi usianya yakni yang telah berumur 12 tahun kebawah. Pemenang tidak hanya dipilih dari kelompok sanggar saja melainkan untuk perseorangan juga akan dipilih nominasinya. Bagi pemenang berhak atas piala bergilir Walikota Denpasar serta hadiah dan piagam.

Sementara Plt. Kadis Kebudayaan Kota Denpasar mengatakan, lomba yang melibatkan sanggar-sanggar tari yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Bali adalah dalam rangka memeriahkan Hut Kota Denpasar ke 229. Sekaligus mengajak para generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai budaya yang dimiliki. Serta sebagai upaya pelestarian terhadap tari klasik ini dibalik situasi perkotaan yang semakin mengglobal, terangnya. Berikut para jawara baik kelompok maupun perseorangan diantaranya; untuk perorangan Condong juara I, II dan III adalah no. Undi 10, 19 dan 14, untuk Langke Sari Juara I, II dan III adalah No. Undi 10, 21 dan 6, untuk perorangan Prabu Lasem juara I, II dan III adalah no. Undi 10, 21 dan 6 sedangkan untuk juara kelompok berturut-turut adalah no. Undi 10, 21 dan 6, berhak atas Piala Walikota Denpasar. (Sdn.Humbud.Dps.). 


Oleh : naayadubek | 21 Februari 2017 | Dibaca : 300 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter