Baca Berita

DENSEL JUARA UMUM UDG SE-KOTA DENPASAR

Oleh : naayadubek | 06 November 2017 | Dibaca : 183 Pengunjung

Denpasar, Dengan mengantongi 11 emas, 5 perak dan 3 perungggu, akhirnya tim UDG Kec. Denpasar Selatan keluar sebagai juara umum lomba Utsawa Dharma Giuta (UDG) Tingkat Kecamatan Se-Kota Denpasar tahun 2017. Mematahkan dominasi Kec. Dentim yang selama dua tahun sebelumnya menjadi yang terbaik. Keberhasilan ini tak lepas dari upaya dan kerja keras para pihak mulai dari pembina, atlet itu sendiri termasuk dukungan para orang tua. Kenyataan ini juga membuat Wayan Buda Camat Denpasar Selatan yang baru kemarin dilantik, menjadi sumringah. UDG yang berlangsung selama dua hari kemarin ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang diserahkan langsung Kadis Kebudayaan IGN Mataram mewakili Walikota, Minggu (5/11) di Wantilan Br. Intaran Sanur Denpasar.

Menurut Gung Mataram yang baru kemarin juga dilantik sebagai Kepala Dinas Kebudayaan yang baru mengatakan, ajang UDG ini merupakan langkah strategis pemerintah Kota Denpasar dalam upaya memperkuat khasanah budaya yang dimiliki. Melalui pelestarian seni sastra bernafaskan Agama Hindu lewat lomba Utsawa Dharma Gita (UDG) yang digilir rutin setiap tahun. Dari kegiatan ini diharapkan para generasi muda tidak hanya mampu membaca atau menyanyikan kidung-kidung sastra dengan cara metembang, mecepat, palawakya dan lain-lain. Namun lebih dari pada itu, para generasi muda dituntut mampu memaknai sekaligus faham tentang makna yang terkandung dalam sastra tersebut. Dengan demikian akan mampu membawa perubahan prilaku kearah yang lebih positif, terang Mataram. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai upaya mendukung Denpasar Sebagai Kota Ktreatif Berbasis Budaya.

Sementara Suarta Wijaya selaku koordinator kegiatan mengatakan, kegiatan diikuti oleh 192 peserta dari Empat Kecamatan di Kota Denpasar yang masing-masing menurunkan peserta sebanyak 48 orang. Ditambahkan pula bahwa untuk tahun ini cabang yang dilombakan terjadi penambahan yakni cabang Dharma Wecana. Berikut perolehan medali masing-masing peserta juara umum I yakni Denpasar Selatan dengan 11 emas, 5 perak dan 3 perunggu disusul Dentim juara II dengan 5 emas, 6 perak dan 6 perunggu. Denbar juara III dengan 2 emas, 4 perak dan 4 perunggu dan sebagai juru kunci adalah Kecamatan Denpasar Utara dengan 1 emas, 4 perak dan 6 perunggu. (Sdn.Humbud.dps.).      

 

 


Oleh : naayadubek | 06 November 2017 | Dibaca : 183 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Audiensi Denpasar Film Festival
Video
Film Dokumenter Tari Gandrung
Facebook
Twitter