Baca Berita

RANCANGAN LOMBA KREATIFITAS WARISAN ADAT BUDAYA DALAM RANGKA HUT KOTA DENPASAR KE 231 TGL 23 dan 24 PEBRUARI TAHUN 2019

Oleh : naayadubek | 23 Januari 2019 | Dibaca : 137 Pengunjung

‘Om Swastyastu”

1. LATAR BELAKANG

            Menjujung tinggi nilai budaya daerah khususnya warisan yang ada mesti mendapatkan perhatian baik dikalangan pemerintah maupun masyarakat secara umum. Menjaga dan mewarisi berbagai kegiatan adat dan budaya mencirikan Kota denpasar sebagai sebuah gambaran bahwa Denpasar adalah  Kota Modern yang dilandasi dengan akar budaya yang kuat dan ajeg.

Kegitan Lomba Legong Keraton LasemIVmerupakan kegiatan rutin gagasan dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar yang bekerjasama dengan Puri Agung Satria Denpasar. Kegiatan ini berkaitan dengan HUT Kota Denpasar ke 231 Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada hari/tanggal: Sabtu & Minggu, 23-24 Pebruari 2019, bertempat di Jaba Pura Puri Agung Denpasar pada pukul 08.00 Wita – Selesai yang melibatkan anak-anak Sekolah Dasar Se-Provinsi Bali. Kegiatan Lomba Legong Keraton Lasem IV sebagai pelestarian Budaya Bali dan tetap dapat mewujudkan warisan Budaya Adi Luhung.Penyelenggaraan Festival Legong Keraton ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Denpasar bekerja sama dengan Puri Agung Denpasar. Konsep Festival Legong Keraton ini adalah Festival yang pesertanya khusus untuk anak-anak usia sekolah dasar (masih duduk di Sekolah Dasar).Festival ini dikemas menjadi wadah komunikasi bagi anak-anak untuk saling mengenal, tanpa melihat perbedaan status sosial dan keberuntungan. Terbuka bagi anak anak dari mereka yang memposisikan diri kaya, miskin atau pun yatim piatu.Event ini akan menjadi ruang untuk menampilkan bakat dan keterampilan mereka dalam menguasai Tari Legong Keraton Lasem. Pada event ini, peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran atau gratis. Festival Legong Keraton Lasem ini memperebutkan Juara Terbaik Umum Kelompok Piala Bergilir Walikota Denpasar dan Piagam. Terbaik I, II, III KelompokPiala Tetap dan Piagam, Harapan I, II, III Kelompok Piala Tetap dan PiagamTerbaik I, II, III Perorangan Penari CondongPiala Tetap dan Piagam, Harapan I, II, III Perorangan Penari Condong Piala Tetap dan Piagam, Terbaik I, II, III Perorangan Penari Legong Prabu LasemPiala Tetap dan Piagam , Harapan I, II, III Perorangan Penari Legong Prabu LasemPiala Tetap dan Piagam, Terbaik I, II, III Perorangan Penari Legong Diah Langkesari Piala Tetap dan Piagam, Harapan I, II, III Perorangan Penari Legong Diah Langkesari Piala Tetap dan Seluruh peserta akan mendapatkan Piagam sebagai tanda keikutsertaannya dalam Festival Legong KeratonLasem IV.

Workshop Legong Keraton Lasem V akan dilaksanakan pada Tanggal 7 Pebruari 2019 di Aula Labha Langgo Santi Dinas Kebudayaan Kota Denpasar pada Pukul 08.00 Wita-Selesai, dengan melibatkan Guru Pembina sebanyak 2 Orang dari masing-masing sekolah, dengan menggunakan atasan baju olahraga sekolah masing-masing dan kain (kamen) serta membawa kipas.

 

2. UNTUK KRETERIA LOMBA LEGONG

  1. Teknik Gerak                               Nilai 20 – 30
  2. Koreografi dan Ekspresi              Nilai 20 – 30
  3. Penampilan (Tatarias/Busana)     Nilai 15 – 20
  4. Ketepatan Iringan Tari                Nilai 15 – 20

Festival ini menggunakan iringan musik dari kaset “KHUSUS BELAJAR MENARI VOL. 16 Produksi Bali Record”.

3. SYARAT PESERTA

  1. Peserta masih bersekolah di Sekolah Dasar(Foto Copy Raport)
  2. Menyerahkan Foto Copy Akta Kelahiran Peserta
  3. Kostum, Tata Rias dan Konsumsi ditanggung oleh masing-masing peserta
  4. Panitia menggunakan Sound System dan kaset sebagai media pengiring

  (Kaset Khusus Belajar Menari, SMKI, Voleme 16, Bali Record, Legong Keraton)

4. TECHNICAL MEETING

Technical Meeting akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 10Pebruari 2019, Jam 15.00 Wita, bertempat di Jaba Pura Pedarman Agung Ksatria Denpasar. Pada hari tersebut akan dilaksanakan penjelasan berkaitan dengan jalannya Festival dan Pengundian Nomor Urut Peserta.

Demikianlah kriteria lomba yang dapat digunakan sebagai panduan dan hal hal lain dapat dipertanyakan pada saat pertemuan dengan panitia maupun narasumber.

Kegiatan ini dilaksanakan bukan semata mata orientasi lomba ataupun mencari juara tetapi memberikan pemahaman dan pemberdayaan kepada generasi muda untuk dapat mengetahui dan menumbuhkan rasa keperdulian terhadap warisan budaya yang wajib kita lanjutkan bersama.

Atas kerjasama dan perhatiannya kami panitia penyelenggara Dinas Kebudayaan Kota Denpasar menghaturkan terima kasih.

 

“Om Shanti Shanti Shanti om”

   Untuk Form Pendaftaran Bisa di klik disini

 

 

Denpasar, 16 Januari 2019

 

 

 

                                                                        Ni Made Sariani, SST.,M.Si

                                                                          Nip. 19640923 199703 2 001


Oleh : naayadubek | 23 Januari 2019 | Dibaca : 137 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
sosialisasi cagar budaya di desa peguyangan kaja
Video
Film Dokumenter Tari Gandrung
Facebook
Twitter